RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah    :    SMP  [Nama Sekolah]
Mata Pelajaran    :    Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester    :    VIII / 1

Standar Kompetensi    : 1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi

Kompetensi Dasar  :     1.1 Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
1.2 Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah kata

Indikator    :
Mampu mengidentifikasi bagian-bagian jendela Word
Mampu mengindentifikasi menu dan toolbar
Mampu mengatur tampilan jendela Word
Mampu menjelaskan fungsi bagian-bagian jendela word
Menjelaskan fungsi menu dan ikon
Alokasi Waktu    :    4 jam pelajaran (2 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagian Word dan menjelaskan fungsi masing-masing bagian.
Siswa mampu mengatur tampilan jendela Word.
Siswa mampu menggunakan menu dan toolbar untuk menjalankan sebuah perintah.

Materi Pembelajaran
Jendela Word
Menu
Toolbar
Mengatur tampilan

Metode Pembelajaran
1.    Model Pembelajaran    :    Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
2.    Metode    :    Demostrasi
Game

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan Pertama
a.    Kegiatan Pendahuluan
1)    Guru menunjukkan beberapa contoh dokumen. Dan bertanya, bagaimana cara membuat dokumen tersebut.

b.    Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal dan pengalaman peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang penggunaan pengolah kata.
Guru menunjukkan bagaian-bagian jendela Word.
Guru menunjukkan fungsi masing-masing bagian jendela Word dengan cara mendemonstrasikannya.
Guru menunjukkan cara menjalankan perintah dengan cara mendemonstrasikannya.
Guru mendemonstrasikan beberapa pengaturan di jendela Word dan efek dari pengaturan tersebut.
Guru memberi kesempatan untuk mengenali jendela Word dan mengulangi apa yang sudah didemonstrasikan.

c.    Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran

2.    Pertemuan Kedua
Kegiatan Pendahuluan
1)    Guru bertanya kepada siswa, apa saja bagian-bagian jendela Word yang mereka ingat.
2)    Guru bertanya apa saja fungsi dari bagian-bagian tersebut.

Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui tanya jawab tentang fungsi dari bagian-bagian jendela Word.
Guru membagi siswa dalam kelompok.
Masing-masing kelompok diberi gambar jendela Word (File 201).
Masing-masing kelompok diberi waktu untuk menentukan nama tiap-tiap bagian dan fungsinya.
Setiap kelompok diberi nilai 100.
Setiap kelompok disuruh menunjukkan sebuah bagian Word atau perintah di Word, maka kelompok lain yang ditunjuk harus menentukan nama dan fungsi dari bagian jendela atau perintah yang ditunjuk.
Bila kelompok yang ditunjuk dapat menjawab, maka penanya harus membayar dengan nilai 10 demikian sebaliknya.
Kelompok dengan nilai terbanyak adalah pemenang.

Kegiatan penutup
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas untuk menarik kesimpulan tentang diskusi dan permainan yang dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran.
Guru memberi penghargaan kepada kelompok terbaik.

Sumber Belajar
1.    Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 2 untuk Kelas VIII, Henry Pandia, Penerbit Erlangga, Jakarta 2007.

Penilaian Hasil Belajar
Teknik penilaian
b.    Tes tertulis
c.    Keaktifan saat game
Bentuk instrumen
PG dan isian singkat
Daftar penilaian game

Kompetensi Dasar  : 1.3 Menggunakan menu dan ikon  pokok pada perangkat lunak pengolah kata

Indikator    :
Menunjukkan cara membuka dokumen
Menunjukkan cara mengopy teks
Menunjukkan cara memformat teks
Menunjukkan cara menyimpan dokumen
Menunjukkan cara mengatur halaman

Alokasi Waktu    :    6 jam pelajaran (3 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membuka dokumen yang disimpan di folder tertentu
Siswa mampu menambahkan teks ke dokumen dan mengatur format teks di dokumen
Siswa mampu mengopi dan memindahkan teks di halaman dokumen
Siswa mampu menyimpan dokumen di folder tertentu.
Siswa mampu mengatur halaman dokumen

Materi Pembelajaran
Membuka dokumen
Mengopi teks
Memformat teks
Menyimpan dokumen
Mengatur halaman dokumen

Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran    :    Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
Metode    :    Demonstrasi
Praktikum

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan beberapa dokumen dengan materi yang sama namun format teks yang berbeda-beda.
Guru kemudian bertanya apa yang harus diatur untuk mendapatkan dokumen yang berbeda tersebut.

Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang cara membuka dokumen dan pengaturan teks.
Guru mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok-kelompok dan membagikan dokumen-dokumen yang berbeda yang telah dibawa.
Masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk mempelajari dan mendiskusikan dokumen tersebut
Apa perbedaan dari dokumen-dokumen tersebut
Apa saja perintah yang mungkin digunakan untuk membuat dokumen.
Apa saja perintah dan pilihan yang dibuat untuk mendapatkan dokumen yang berbeda tersebut.
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
Guru mengambil kesimpulan dan mendemostrasikan pengaturan dokumen-dokumen tersebut.
Guru mendemostrasikan cara membuka dokumen dari folder yang berbeda-beda.

Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk diskusi dan demostrasi yang sudah dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran.

Pertemuan Kedua
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan beberapa dokumen dengan materi yang sama namun format halaman dokumen yang berbeda-beda.
Guru kemudian bertanya apa yang harus diatur untuk mendapatkan dokumen yang berbeda tersebut.

Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang cara pengaturan halaman dokumen dan penyimpanan dokumen.
Guru mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok-kelompok dan membagikan dokumen-dokumen yang berbeda yang telah dibawa.
Masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk mempelajari dan mendiskusikan dokumen tersebut
§    Apa perbedaan dari dokumen-dokumen tersebut
§    Apa saja perintah yang mungkin digunakan untuk membuat dokumen.
§    Apa saja perintah dan pilihan yang dibuat untuk mendapatkan dokumen yang berbeda tersebut.
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
Guru mengambil kesimpulan dan mendemostrasikan pengaturan halaman- dokumen-dokumen tersebut.
Guru mendemostrasikan cara menyimpan dokumen ke folder dan tempat penyimpanan yang berbeda-beda.

Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk diskusi dan demostrasi yang sudah dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran.

Pertemuan Ketiga
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan sebuah dokumen yang akan dikerjakan dalam praktikum.

Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan peserta didik melalui tanya jawab tentang perintah-perintah Word yang pernah didemostrasikan.
Guru menjelaskan praktikum.
Siswa melakukan praktikum Modul 1.
Siswa membagikan pengalaman praktikum.
Guru mengomentari kinerja dan hasil praktikum siswa.

Kegiatan penutup
Guru memberikan kesimpulan praktikum yang sudah dilakukan
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran

Sumber Belajar
Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 2 untuk Kelas VIII, Henry Pandia, Penerbit Erlangga, Jakarta 2007.

Penilaian Hasil Belajar
Teknik penilaian
Tes tertulis
Pengamatan kinerja
Hasil Praktikum
Bentuk instrumen
PG dan isian singkat
Daftar penilaian keaktifan siswa

Kompetensi Dasar  : 1.4 Membuat dokumen pengolah kata sederhana

Indikator    :
Menunjukkan cara mengatur paragraf
Mengatur kolom di dokumen
Menambahkan tabel di dokumen
Menambahkan gambar di dokumen
Membuat karya
Mencetak dokumen

Alokasi Waktu    :    22 jam pelajaran (11 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengatur paragraf dokumen
Siswa mampu mengatur kolom dalam dokumen
Siswa mampu menambahkan dan mengatur tabel dalam dokumen
Siswa mampu menambahkan dan mengatur gambar dalam dokumen
Siswa mampu membuat karya menggunakan Word
Siswa mampu mencetak dokumen ke kertas

Materi Pembelajaran
Mengatur paragraf
Mengatur kolom
Tabel di dokumen
Gambar di dokumen
Membuat karya
Mencetak dokumen.

Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran    :    Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
Metode    :    Demontrasi
Praktikum

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan dokumen dengan materi yang sama namun pengaturan paragraf yang berbeda.
Guru kemudian bertanya, apa perbedaan dokumen tersebut dan bagaimana mengaturnya.

Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang pengaturan paragraf
Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok.
Guru membagikan dokumen-dokumen ke dalam kelompok-kelompok.
Siswa berdiskusi menganalisa dokumen yang dibagikan:
Apa perbedaan dari dokumen-dokumen yang dibagikan.
Apa saja pengaturan yang perlu dilakukan.
Apa saja perintah yang perlu digunakan.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
Guru memberi kesimpulan diskusi.
Guru mendemostrasikan cara pengaturan paragraf.

Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran

Pertemuan Kedua
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan sebuah dokumen yang akan dikerjakan dalam praktikum.

Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan peserta didik melalui tanya jawab tentang perintah-perintah Word yang pernah didemostrasikan khusunya pengaturan paragraf.
Guru menjelaskan praktikum.
Siswa melakukan praktikum Modul 2.
Siswa membagikan pengalaman praktikum.
Guru mengomentari kinerja dan hasil praktikum siswa.

Kegiatan penutup
Guru memberikan kesimpulan praktikum yang sudah dilakukan
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan dokumen dengan materi yang sama namun pengaturan kolom yang berbeda.
Guru kemudian bertanya, apa perbedaan dokumen tersebut dan bagaimana mengaturnya.

Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang pengaturan kolom.
Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok.
Guru membagikan dokumen-dokumen ke dalam kelompok-kelompok.
Siswa berdiskusi menganalisa dokumen yang dibagikan:
Apa perbedaan dari dokumen-dokumen yang dibagikan.
Apa saja pengaturan yang perlu dilakukan.
Apa saja perintah yang perlu digunakan.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
Guru memberi kesimpulan diskusi.
Guru mendemostrasikan cara pengaturan kolom.

Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran

Pertemuan Keempat
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan sebuah dokumen yang akan dikerjakan dalam praktikum.

Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan peserta didik melalui tanya jawab tentang perintah-perintah Word yang pernah didemostrasikan khusunya pengaturan kolom.
Guru menjelaskan praktikum.
Siswa melakukan praktikum Modul 3.
Siswa membagikan pengalaman praktikum.
Guru mengomentari kinerja dan hasil praktikum siswa.

Kegiatan penutup
Guru memberikan kesimpulan praktikum yang sudah dilakukan
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran

Pertemuan Kelima
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan dokumen yang dilengkapi tabel-tabel dengan pengaturan yang berbeda.
Guru kemudian bertanya, apa perbedaan dokumen tersebut dan bagaimana mengaturnya.

Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang pengaturan tabel di dokumen.
Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok.
Guru membagikan dokumen-dokumen ke dalam kelompok-kelompok.
Siswa berdiskusi menganalisa dokumen yang dibagikan:
Apa perbedaan dari pengaturan tabel di dokumen-dokumen yang dibagikan.
Apa saja pengaturan yang perlu dilakukan.
Apa saja perintah yang perlu digunakan.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
Guru memberi kesimpulan diskusi.
Guru mendemostrasikan cara pengaturan tabel di dokumen.

Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran

Pertemuan Keenam
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan sebuah dokumen yang akan dikerjakan dalam praktikum.

Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan peserta didik melalui tanya jawab tentang perintah-perintah Word yang pernah didemostrasikan khususnya pengaturan tabel di dokumen.
Guru menjelaskan praktikum.
Siswa melakukan praktikum Modul 4.
Siswa membagikan pengalaman praktikum.
Guru mengomentari kinerja dan hasil praktikum siswa.

Kegiatan penutup
Guru memberikan kesimpulan praktikum yang sudah dilakukan
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran

Pertemuan Ketujuh
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan dokumen dengan materi yang sama namun pengaturan gambar yang berbeda.
Guru kemudian bertanya, apa perbedaan dokumen tersebut dan bagaimana mengaturnya.

Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang menambahkan gambar dan pengaturan gambar di dokumen
Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok.
Guru membagikan dokumen-dokumen ke dalam kelompok-kelompok.
Siswa berdiskusi menganalisa dokumen yang dibagikan:
Apa perbedaan dari dokumen-dokumen bergambar yang dibagikan.
Apa saja pengaturan yang perlu dilakukan.
Apa saja perintah yang perlu digunakan.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
Guru memberi kesimpulan diskusi.
Guru mendemostrasikan cara menambahkan gambar dan pengaturan gambar di kolom.

Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran

Pertemuan Kedelapan
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan sebuah dokumen yang akan dikerjakan dalam praktikum.

Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan peserta didik melalui tanya jawab tentang perintah-perintah Word yang pernah didemostrasikan khususnya pengaturan gambar di kolom.
Guru menjelaskan praktikum.
Siswa melakukan praktikum Modul 5.
Siswa membagikan pengalaman praktikum.
Guru mengomentari kinerja dan hasil praktikum siswa.

Kegiatan penutup
Guru memberikan kesimpulan praktikum yang sudah dilakukan
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran

Pertemuan Kesembilan
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan dokumen yang merupakan contoh-contoh karya yang dibuat di Word.
Guru kemudian bertanya, apa perbedaan dokumen tersebut dan bagaimana mengaturnya.

Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan atau tanya jawab tentang membuat dokumen dan mencetak dokumen.
Guru menunjukkan contoh-contoh dokumen dan fungsi dari dokumen-dokumen tersebut.
Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok.
Guru membagikan dokumen-dokumen ke dalam kelompok-kelompok.
Siswa berdiskusi menganalisa dokumen yang dibagikan:
Apa fungsi dokumen.
Apa perbedaan dari dokumen-dokumen bergambar yang dibagikan.
Apa saja pengaturan yang perlu dilakukan.
Apa saja perintah yang perlu digunakan.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
Guru memberi kesimpulan diskusi.
Guru mendemostrasikan cara membuat sebuah karya dokumen di Word.
Kegiatan penutup
Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran

Pertemuan Kesepuluh
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan sebuah karya dokumen yang akan dikerjakan dalam praktikum.

Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan peserta didik melalui tanya jawab tentang karya-karya dokumen yang dapat dibuat di Word.
Guru menjelaskan praktikum.
Siswa melakukan praktikum Modul 6.
Siswa membagikan pengalaman praktikum.
Guru mengomentari kinerja dan hasil praktikum siswa.

Kegiatan penutup
Guru memberikan kesimpulan praktikum yang sudah dilakukan
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran
Guru mengumumkan minggu depan akan diadakan lomba untuk membuat karya dokumen untuk membuat slogan kampanye dengan tema tertentu.

Pertemuan Kesebelas
Kegiatan Pendahuluan
Guru menunjukkan sebuah karya dokumen yang akan dikerjakan di Word.

Kegiatan Inti
Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai sambil menggali pengetahuan peserta didik melalui tanya jawab tentang karya-karya dokumen yang dapat dibuat di Word.
Guru menjelaskan tujuan lomba
Siswa membuat dokumen untuk menyampaikan slogan untuk kampanye sesuatu, misalnya:
§    Menjaga kesehatan lingkungan
§    Kampanye anti narkoba
§    Kampanye berhenti merokok
§    Kampanye menyayangi binatang.
§    Dan sebagainya
Siswa mengumpulkan karyanya.
Guru memberi komentar dan penilaian sementara hasil karya siswa.

Kegiatan penutup
Guru memberikan kesimpulan praktikum yang sudah dilakukan
Guru memberikan pengembangan konsep
Guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran
Guru mengumumkan karya terbaik.
Karya terbaik seluruh kelas paralel akan diumumkan dan diberi penghargaan kemudian.

Sumber Belajar
Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi jilid 2 untuk Kelas VIII, Henry Pandia, Penerbit Erlangga, Jakarta 2007.

Penilaian Hasil Belajar
Teknik penilaian
Tes tertulis
Pengamatan kinerja
Hasil Praktikum
Bentuk instrumen
PG dan isian singkat
Daftar penilaian keaktifan siswa